Cermat Memilih Bahan Untuk Interior Rumah Anda #1

Memiliki dapur dengan kitchen set murah yang indah tidak berhenti pada proses desainnya saja, namun juga pada pemilihan bahan material yang tepat. Dengan bahan yang tepat, hasil akhir yang diharapkan dapat tercapai lebih maksimal.

MATERIAL DASAR
Kitchen set murah, tentunya memiliki ukuran yang banyak menyita ruang pada dapur.Untuk itu, kerapihan tampilan lemari menjadi faktor yang paling berpengaruh terhadap kesan keseluruhan dapur. Material dasar untuk membentuk kitchen set murah ini beragam jenisnya, ada yang terbuat dari kayu solid, multipleks/plywood, blockboard, MDF dan PB.

Kayu Solid
Merupakan bahan material yang paling kuat. Keindahan motif alaminya menjadi daya tarik tersendiri pada bahan ini. Beberapa kayu yang umum digunakan sebagai bahan baku kitchen set murah ini diantaranya kayu jati, sungkai, nyantoh, mapple dan jati belanda. Kayu sungkai memiliki warna terang dan alur urat kayu yang beraturan. Kayu maple memiliki tampilan hampir tidak berserat sedangkan kayu nyantoh memiliki urat kayu yang agak kasar dengan warna kemerahan. Sayangnya kian hari harganya makin tidak terjangkau. jadi bagi yang berkantong pas-pasan, kayu solid ini dapat untuk rangka kitchen setnya saja.
bahan kayu solid
kayu solid


Multipleks/plywood
Salah satu material dari jenis kayu olahan yang umum digunakan. Soal kekuatan tidak diragukan namun memiliki harga yang cukup terjangkau. Multipleks terbuat dari kayu tipis yang ditumpuk dan direkatkan hingga mencapai ketebalan tertentu. Kayu yang digunakan terdiri atas beragam jenis dalam satu lembarnya, hal ini mengakibatkan tingkat muai susut yang berbeda. Bahan ini memiliki kekurangan pada ukuran yang presisi dan lapisan vinirnya mudah mengelupas dan tidak 100% rata. Untuk bentang yang panjang, bahan ini beresiko mudah melengkung akibat sifatnya yang keras dan kaku, bahan ini juga mudah retak di beberapa lapisan atasnya bila menahan beban yang terlalu berat.
bahan multipleks
Multipleks


Blockboard
Bentuknya mirip multipleks dengan ketebalan lapisan tengahnya  hingga 20 mm - 30mm. Terbentuk dari beberapa potongan kayu yang dilaminasi dengan vinir yang disusun secara melintang serat untuk menahan daya susut kayu. Blockboard ada yang dilapisi dengan lapisan kayu jati dan dinamakan teakblock.
bahan blockboard
Blockboard


MDF
Medium Density Fiberboard terbentuk dari bubur kayu yang bercampur perekat kemudian di-press hingga padat menyerupai papan. Bahan ini kini paling banyak digunakan oleh para produsen kitchen set murah, karena harganya yang murah dan memiliki tingkat presisi yang tinggi. Prosesnya dikerjakan secara fabrikasi sehingga memiliki permukaan yang halus dan rata dengan tingkat ketebalan yang sempurna. Kekurangan bahan ini dapat melendut bila terkena beban yang berat akibat sifatnya yang lebih elastis, serta tidak tahan terhadap rendaman air.
Bahan MDF
MDF


PB (Particle Board)
Particle Board memiliki bentuk mirip dengan MDF. Terbuat dari serbuk kayu yang dicampur perekat yang dipadatkan menjadi sebuah papan. Bobotnya ringan dan harga yang lebih murah dibandingkan dengan material lainnya. Namun kekurangannya juga cukup banyak seperti kasarnya struktur papan particle board, sulit dan tidak kuat untuk dipaku dan cepat sekali rusak bila terkena air.
bahan Particle Board
Particle Board

Lanjut Ke Part 2 : BAHAN FINISHING 
Lanjut Ke Part 3 : TABLE TOP

SHARE ON:

Hello guys, I'm Tien Tran, a freelance web designer and Wordpress nerd. Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque laudantium, totam rem aperiam, eaque ipsa quae.

    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar